Cara edit nameserver di CentOS Web Panel

Sebelumnya saya pernah membahas cara Installasi CentOS Web Panel, dan kali ini saya akan membahas Cara edit nameserver di CentOS Web Panel. Sebenarnya cukup mudah untuk cara setting atau menambahkan nameserver di CWP, tapi mungkin bagi yang belum biasa atau yang baru pertama menggunakan CWP akan mengalami kesulitan atau kebingungan bagaimana cara untuk setting nameserver di CWP.

Berikut adalah langkah-langkah Cara edit nameserver di CentOS Web Panel :

Langkah pertama

Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu Register Nameserver atau Glue Records di domain yang akan kita jadikan nameserver. Untuk cara register nameserver kalian bisa lihat caranya di Cara register Nameserver.

Langkah kedua

Login ke CWP Admin kita, lalu kita cari menu DNS Functions dan klik menu tersebut. Selanjutnya klik menu Edit Nameservers IPs

di bawah ini adalah contoh tampilan default konfigurasi nameserver CWP

Edit Nameservers

Selanjutnya kita tinggal mengganti ns1 dan ns2 nya dengan domain yang sudah kita daftarkan nameservernya pada langkah pertama tadi dan juga mengganti NS1 IP dan NS2 IP dengan ip address server kita seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Nameservers updated.

pastikan pada bagian resolves to mengarah ke ip server kita, contoh di bawah ini.

ns1.masgani.tk resolves to 192.168.88.4
ns2.masgani.tk resolves to 192.168.88.4

Sampai disini Nameserver kita sudah bisa kita gunakan, tetapi domain utama masgani.tk belum bisa diakses dalam kata lain tidak mengarah ke server kita, karena kita belum menambahkan akun untuk domain utama kita ke user accounts CWP. Silahkan ikuti langkah ketiga untuk cara menambahkan user account nya.

Langkah ketiga

Menambahkan User Accounts untuk domain yang akan kita gunakan. Caranya klik menu User Acoounts » New Account. 

menambahkan user account di cw[

Pada contoh ini saya menggunakan domain masgani.ga.

Kita juga bisa menentukan Server IPs nya, untuk cara setting atau menambahkan nya, silahkan baca caranya pada postingan Setting shared IP di CentOS Web Panel

Jika data sudah diisikan, selanjutnya klik save..

User account yang baru saja kita buat ini sama saja dengan client kita, seperti contohnya jika kita menyewa layanan hosting maka kita akan diberikan halaman control panel untuk mengatur web hosting kita. Untuk login ke CWP Client kalian bisa gunakan username dan password yang tadi kita buat. Dibawah ini adalah contoh tampilan CWP Client.

cwp client

Jangan lupa untuk mengarahkan nameserver nya ke server kita. Pada contoh ini saya menggunakan domain masgani.ga, maka saya harus update nameserver nya melalui domain manager dan diarahkan ke nameserver

ns1.masgani.tk

ns2.masgani.tk

Ok, sampai disini kita sudah selesai.. dan selanjutnya silahkan kalian coba sendiri untuk mengakses domain yang sudah diarahkan ke server kalian.

Jika sukses, maka akan tampil halaman seperti pada contoh gambar di bawah ini.

HTTP Test Page

8 Replies to “Cara edit nameserver di CentOS Web Panel”

  1. Jadi, buat set awal VPS +CWP ini membutuhkan 2 domain? domain masgani.tk sebagai domain vpsnya dan domanin masgani.ga sebagai clientnya?

    Bisa nda kalau kita pakai 1 domain saja, misale domain masgani.tk nya saja, tanpa buat client?

    Saya ikuti tutorial ini, kalau dari IP sih sudah live servernya; tapi dari domain masih belum konek. Domain registrar di godaddy, sudah set hostname ke ns1/2?

  2. Jadi, buat set awal VPS +CWP ini membutuhkan 2 domain? domain masgani.tk sebagai domain vpsnya dan domanin masgani.ga sebagai clientnya?

    Bisa nda kalau kita pakai 1 domain saja, misale domain masgani.tk nya saja, tanpa buat client?

    Saya ikuti tutorial ini, kalau dari IP sih sudah live servernya; tapi dari domain masih belum konek. Domain registrar di godaddy, sudah set hostname ke ns1/2?

    1. Sory sob, baru lihat komentarnya.
      Bisa pakai satu domain.. kalau dicontoh itu kan domain utamanya masgani[dot] tk, nah nanti tinggal nambahin akun di menu User account nya untuk domain utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *