Cara mengatasi Contact Form yang tidak bisa mengirim pesan

Contact Form adalah sesuatu yang wajib ada di dalam sebuah situs web atau blog. Ini berguna untuk mempermudah para pengunjung yang ingin menghubungi kita jika ada sesuatu yang penting yang ingin disampaikan atau ditanyakan. Tapi bagaimana jika contact form kita tidak berfungsi atau tidak bisak mengirim pesan? tentu ini akan sangat menjengkelkan.

Terkadang kita tidak tahu apakah contact form kita benar-benar bekerja. Mungkin karena kita lupa tidak mencoba atau terlalu yakin bahwa plugin contact form yang kita pasang pasti bekerja dengan baik.

Dari kebanyakan kasus, hal ini sering terjadi. Tidak semua plugin contact form yang kita pasang bisa bekerja dengan baik. Ini tergantung konfigurasi yang ada pada server hosting kita. Jika penyedia layanan hosting yang kita sewa memilik konfigurasi mail server yang berbeda, tentu ini akan menjadi masalah pada koneksi smtp phpmailer yang ada pada WordPress.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasinya kita bisa menggunakan bantuan Plugin atau dengan cara manual melakukan konfigurasi phpmailer. Berikut adalah caranya:

Menggunakan Plugin Easy WP SMTP
  1. Buatlah email baru yang akan digunakan sebagai email untuk menerima dan mengirim pesan dengan cara membuatnya di panel hosting yang Anda miliki. Jika sudah ada lewati langkah ini.
  2. Salin username, password dan alamat smtp mail server. Jika tidak tahu alamat smtp nya, silahkan tanyakan kepada penyedia layanan Hosting yang Anda sewa.
  3. Memasang plugin Easy WP SMTP
  4. Melakukan konfigurasi pada plugin Easy WP SMTP
    • From Email Address : Alamat email Anda.
    • From Name : nama Anda atau bisa berupa alamat email Anda.
    • SMTP Host : alamat mail server Anda (contoh: mail.example.com), jika tidak tahu silahkan tanyakan pada penyedia layanan hosting yang Anda sewa.
    • Type of Encription : Jika server Anda mendukung koneksi aman, sialhkan pilih salah satu sesuai dengan konfigurasi server Anda.
    • SMTP Port : default nya 25, jika server Anda mempunyai port yang berbeda, silahkan disesuaikan dengan port server Anda.
    • SMTP Authentication : Yes
    • SMTP username : Username email Anda
    • SMTP Password : Password email Anda
  5. Simpan perubahan konfigurasi.
  6. Lakukan pengujian dengan memanfaatkan fitur Testing And Debugging Settings yang ada pada plugin tersebut. Jika gagal, berarrti konfigurasi yang Anda terapkan belum benar.
Menggunakan cara manual konfigurasi phpmailer

Pada cara ini kita tidak membutuhkan plugin, tetapi kita akan melakukan konfigurasi menual pada phpmailer dengancara menambahkan fungsi ke dalam file functions.php yang ada pada tema kita. Untuk cara konfigurasinya sudah saya contohkan pada tutorial Cara manual konfigurasi phpmailer.

Sampai disini harusnya contact form kita sudah bisa mengirim pesan dengan lancara tanpa ada masalah. Jika masih belum paham dengan cara di atas silahkan berkomentar atau bertanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *