Hitung luas persegi di pemrograman java

Sudah lama tidak update tulisan tentang pemrograman java, kali ini saya akan membuat tulisan tentang hitung luas pesegi di pemrograman java. Karena kemarin lihat-lihat di statistik ada pengunjung yang nyasar kesini dengan keyword tersebut, maka kali ini saya akan membuatkan tutorialnya. Sebenarnya sudah ada tutorial hitung luas dan keliling persegi panajng dan konsepnya juga tidak jauh beda, hanya bedanya tutorial tersebut menggunakan GUI. Baiklah langsung saja ke contohnya, karena yang dicari intinya code pemrogramnya hehehe

Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu membuat projeknya, jika projeknya sudah dibuat langsung saja buat file java main class nya. Untuk cara membuatnya pasti kalian sudah bisa kan? jadi disini saya hanya akan membuatkan inti code programnya saja.

Dalam program ini, kita akan menggunakan perintah JOptionPane.showInputDialog yang nanti gunanya untuk meng inputkan suatu nilai. Berikut adalah contoh sederhana program java hitung luas persegi:

double sisi, hasil;
String s = JOptionPane.showInputDialog(null, "masukan sisi: ");
sisi = Double.parseDouble(s);
hasil = 4*sisi;
System.out.println(hasil);

Letakan code tersebut di dalam

public static void main(String[] args) { 
//disini
}

Seperti pada contoh gambar di bawah ini:

LuasPersegi

Kita juga bisa mengganti tipe data nya dengan float atau integer. Untuk tipe data float tidak ada bedanya dengan double, fungsinya sama saja yang membedakan hanya range nya.

mudahkan? silahkan dicoba. 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

2 Balasan untuk “Hitung luas persegi di pemrograman java”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *