Cara Memulai Jualan Online

Sering kali Saya mendapat pertanyaan “Bagaimana cara memulai jualan online?” dari teman-teman dan orang-orang di sekitar Saya. Terkadang Saya bingung untuk menjawab pertanyaan tersebut. Bingung karena takut salah, dan disisi lain Saya juga sangat ingin membantu dan berbagi apa yang Saya bisa.

Pada tulisan saya ini, Saya akan mencoba untuk memberikan beberapa hal yang mungkin ini perlu dilakukan untuk cara memulai jualan online. Langsung saja kita bahas. Tulisan ini lumayan panjang, jadi usahakan siapkan kopi atau cemilan biar ngga ngantuk. 🙂

Bagaimana cara memulai jualan online?

Sebetulnya untuk cara memulai jualan online itu tidak sulit, yang terpenting adalah niat kita. Jika ada niat, pasti kita akan selalu mencari cara dan akan muncul ide-ide secara spontan untuk memulai usaha ini.

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan memberikan beberapa informasi atau langkah penting untuk cara memulai jualan online.

Bukan maksud untuk menggurui, Saya menulis ini untuk teman-teman yang memang ingin dan niat untuk berjualan online tapi masih bingung dari mana memulainya.

Oke, langsung saja simak langkah-langkah di bawah ini:

Menentukan apa yang akan kita jual

Sebelumnya kita harus tahu produk apa yang akan kita jual. Pikirkan matang-matang, paling tidak kita harus tahu tentang produk yang akan kita jual ini.

Jadi, ketika ada pertanyaan dari calon pembeli, kita akan dengan mudah menjawab pertanyaan dari calon pembeli / pelanggan kita. Lebih bagusnya lagi kalau kita berjualan yang berkaitan dengan hobi kita. Dengan begitu, kita akan lebih enjoy dalam menjalaninya.

Menentukan nama toko online kita

Setelah menentukan apa yang akan kita jual, langkah selanjutnya yaitu menentukan nama untuk toko online kita. Nama ini sangat penting, salah satunya sebagai tanda atau sebagai gambaran tentang apa yang akan kita jual.

Usahakan membuat nama yang sesuai atau berhubungan dengan apa yang akan kita jual. Dengan begitu calon pembeli akan lebih mudah mengenali dan mengetahui produk apa yang kita jual dan akan membuat calon pembeli penasaran dan akhirnya mengunjungi toko inline kita.

Tapi, Jika kita menjual beberapa produk atau barang, nama yang cocok untuk toko online kita adalah nama yang bisa digunakan untuk semua kategori barang yang kita jual. Misalkan menggunakan nama kita atau nama yang unik lainnya. Intinya tidak menuju ke satu barang saja.

Membuat akun untuk toko online kita

Setelah kita mempunyai nama yang menurut kita sudah cocok dan bagus. Langkah selanjutnya adalah membuat akun di Sosial Media atau Tempat Jual Beli Online.

Untuk pertama kalinya berjualan, Saya merekomendasikan berjualan lewat https://www.tokopedia.com/jualan-online atau https://panduan.bukalapak.com/seller. Karena di situ kita akan bertransaksi menggunakan rekening bersama. Jadi calon pembeli tidak akan merasa takut tertipu ketika akan membeli produk kita, dan kita juga akan merasa aman. Saya pribadi juga menggunakan keduanya, karena mudah dalam penggunaanya dan juga aman.

Jika kita sudah mempunyai satu transaksi yang sukses. Barulah kita coba untuk membuat akun di sosial media. Karena kita sudah mempunyai bukti transaksi, dari situ kita akan lebih mudah mendapat kepercayaan dari calon pembeli.

Untuk sosial media yang akan digunakan, Saya merekomendasikan Facebook dan Instagram. Ini sosial media yang menurut saya bagus untuk berjualan online. Silahkan pilih salah satu atau keduanya bila perlu.

Foto Produk Yang Menarik

Buatlah foto produk semenarik mungkin. Gunakan background atau latar belakang yang polos agar foto produk bisa lebih terlihat menonjol dan terlihat profesional. Kita bisa menggunakan kertas karton atau kertas warna yang polos sebagai latar belakangnya.

Foto produk yang bagus akan menarik minat calon pembeli. Selain itu, foto yang bagus juga bisa menambah nilai positif. Karena dari foto bisa menggambarkan apakah toko online kita serius dalam berjualan.

Usahakan gunakan dimensi foto berbentuk square atau persegi agar terlihat rapih.

Memulai Berjualan

Sekarang saatnya memulai berjualan. Upload produk kita ke akun Sosial Media atau akun jual beli online yang sebelumnya sudah kita buat. Berikan judul dan deskripsi yang lengkap mengenai produk kita, agar calon pembeli bisa lebih mudah menangkap informasi tentang produk kita.

Apa selanjutnya?

Selanjutnya kita tinggal menunggu hasil dari apa yang kita kerjakan. Di sini kita harus sabar menunggu sampai ada calon pembeli menanggapi produk yang kita iklankan. Yang terpenting yaitu kita harus tetap fokus dan rajin update. Semakin sering kita update akan semakin cepat kita mendapatkan calon pelanggan. Karena untuk mendapatkan pembeli atau pelanggan pertama itu terbilang cukup sulit. Tapi tenang saja, kita pasti akan mendapatkannya.

Jika kita sudah mendapatkan pembeli atau pelanggan pertama, maka selanjutnya kita bisa lebih mudah mendapatkan pelanggan. Jangan lupa upload bukti transaksinya agar calon pembeli lainnya bisa lebih yakin ketika akan membeli produk di toko online kita.

Perlu diingat, setiap orang mempunya sifat yang berbeda-beda. Jadi, disini kita sangat membutuhkan ekstra kesabaran. Buang jauh-jauh sifat cepat tersinggung dari diri kita. Usahakan agar kita tetap tersenyum. Dari berjualan, kita akan mendapat banyak pengalaman dan memahami setiap karakter orang lain.

Sukses atau tidak itu tergantung dari usaha kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *