Cara mengatur ukuran gambar pada postingan

Bagaimana cara mengatur ukuran gambar pada postingan? mungkin ini akan menjadi sebuah pertanyaan apabila kita belum tahu cara untuk mengatur atau menentukan ukuran gambar pada saat kita upload gambar ke dalam postingan kita.

Pada sebuah artikel blog, rasanya akan sepi jika tidak ada satupun gambar pendukung. Tapi kita juga tidak ingin jika gambar yang kita upload ke dalam post kita tidak sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.

Jika kita menginginkan gambar yang kita upload bisa sesuai dengan keinginan kita. Maka kita harus mengaturnya terlebih dahulu. Untuk cara pengaturannya pun tidak sulit. Pengaturannya sudah ada, kita hanya tinggal menentukan ukurannya. Berikut adalah caranya:

Cara mengatur ukuran gambar

Ada dua cara untuk melakukan pengaturan pada ukuran gambar kita, yaitu:

Mengatur bersamaan pada saat upload gambar di post kita

Pada saat kita melakukan upload gambar ke dalam post kita, jika kita ingin mengatur ukurannya; maka kita harus melakukan pada bagian Attachment Display Settings. Pengaturan ini ada di bagian bawah, silahkan scroll ke bawah dan akan terlihat seperti pada contoh gambar di bawah ini:

Attachment Display Settings

Disini kita bisa mengatur dan memilih ukuran gambar kita, silahkan pilih ukuran yang kalian inginkan.

Jika ukuran yang ada tidak sesuai dengan keinginan kita, maka kita harus menentukan ukurannya sendiri. Kita bisa mengkustom ukurannya sendiri setelah gambar sudah dimasukan kedalam post kita. Berikut adalah caranya:

Klik gambar yang ingin kita edit, lalu akan muncul menu pengaturan sperti pada contoh gambar di bawah ini:

Edit

Klik icon pensil, maka akan muncul halaman pengaturan gambar tersebut. Pada bagian Display Settings tepatnya dibagian Size, silahkan pilih Customize seperti pada contoh gambar dibawah ini:

Display Settings

Disinilah kita bisa menentukan ukurannya sendiri. Tapi cara mengatur seperti ini kurang baik, kita harus melakukannya berulang-ulang setiap kali kita upload gambar. Jika kita ingin permanen, maka kita harus menerapkan seperti pada cara kedua dibawah ini.

Mengatur di pengaturan media

Arahkan kursor atau klik pada menu Settings

Settings

klik pada menu Media

Settings - Media

Maka akan tampil halaman pengaturan seperti pada contoh gambar di bawah ini:

cara mengatur ukuran gambar

Disini kita akan melihat beberapa pengaturan, yaitu:

  • Thumbnail size : ini adalah pengaturan gambar untuk thumbnail yang biasanya akan tampil sebagai gambar utama post kita. Kita bisa mengatur sesuai keinginan kita.
  • Medium size : ini adalah pengaturan gambar untuk post kita, medium size adalah pilihan gambar yang berukuran sedang. Kita bisa mengaturanya disini, dengan cara menentukan Max Width dan Max Height yang kita inginkan untuk gambar yang berukuran sedang.
  • Large size : ini tidak ada bedanya dengan medium size, large size adalah pilihan gambar yang berukuran besar. Kita bisa mengatur Max Width dan Max Height sesuai dengan kebutuhan kita.

Silahkan pilih salah satu dari kedua cara di atas. Selamat mencoba! 🙂

 

2 Replies to “Cara mengatur ukuran gambar pada postingan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *