Fungsi Ekspor pada WordPress

Ekspor adalah fitur bawaan yang ada pada WordPress. Fungsi ekspor yaitu untuk meng-ekspor konten yang ada pada situs web kita. Ekspor hampir sama dengan mencadangkan atau backup, tetapi kita hanya bisa mencadangkan kontent kita dan tidak termasuk semua isi berkas yang ada pada instalasi WordPress kita.

Dimana saya bisa menemukan fitur ekspor?

Pada halaman Dasbor, silahkan pergi ke menu Perkakas (Inggris: Tools) lalu klik Ekspor (Inggris: Export) yang ada pada sebmenu perkakas.

Sebelum melakukan ekspor, kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan, disini kita bisa memilih apa yang akan kita ekspor. Contohnya seperti gambar dibawah ini:

Fungsi Ekspor

Ketika kita melakukan ekspor, maka WordPress akan menciptakan sebuah berkas XML yang nantinya bisa kita simpan pada komputer kita.

Berkas yang dihasilkan akan memuat pos, laman, komentar, bidang kustom, kategori, dan tag yang ada pada situs web kita. Ini tergantung pilihan pada saat kita melakukan ekspor.

Jadi ketika Anda ingin melakukan pencadangan isi konten dari situs web kita dan hanya ingin mencadangkan kontennya saja tidak termasuk berkas – berkas instalasi WordPress. Maka gunakanlah saja fitur ini, berkas XML yang dihasilkan akan dapat kita gunakan jika kita ingin meng-import nya dengan bantuan fitur Import yang ada pada menu Perkakas( Tools ).

 

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *