Channel YouTube ditangguhkan

Akhir-akhir ini banyak teman-teman youtuber yang mengeluh dan bingung karena channel youtube ditangguhkan, termasuk Saya sendiri. Dan kebanyakan dari teman-teman bilang bahwa sebelumnya tidak melakukan pelanggaran apapun, tapi channel youtube ditangguhkan secara tiba-tiba.

Saya sendiri sempat bingung kenapa channel YouTube ditangguhkan secara tiba-tiba, dan Saya merasa sebelumnya tidak melakukan pelanggaran apapun sesuai dengan kebijakan iklan atau pedoman komunitas.

Tapi setelah Saya ingat-ingat, mungkin kesalahan Saya karena Saya mengunggah ulang video di channel youtube Saya yang baru, mungkin ini penyebab channel youtube ditangguhkan.

Alur Cerita Sebelum Channel YouTube Ditangguhkan

Sebelumnya Saya memiliki dua channel youtube dengan akun Google yang berbeda.

  1. Channel yang pertama adalah channel pribadi yang isinya video-video tutorial dan lain-lain, channel ini ada di akun Google pribadi dan akun ini sudah cukup lama sekali.
  2. Channel yang kedua adalah channel yang Saya gunakan khusus untuk upload review produk yang Saya jual, channel yang kedua ini ada di akun Google yang kusus untuk jualan. Kira-kira akun ini berumur 3 bulan.

Semua video yang ada pada kedua Channel tersebut  adalah video buatan Saya sendiri dan rekaman Saya sendiri tanpa ada pelanggaran hak cipta.

Pada hari itu Saya memutuskan untuk membuat Channel YouTube baru di akun Google pribadi Saya dengan nama yang sama seperti channel youtube yang kedua. Jadi di akun Google pribadi ada dua channel.

Setelah selesai membuat channel baru, Saya menghapus channel yang kedua yang ada di akun Google khusus untuk jualan. Selanjutnya video yang tadinya ada di channel kedua Saya unggah ulang ke channel baru karena niatnya ingin saya satukan ke dalam satu akun google saja.

Satu hari kemudian, ketika Saya membuka YouTube dan ingin melakukan pengecekan pada channel Saya. Saya melihat sesuatu yang aneh, ada tombol login sedangkan pada saat itu posisi Saya sudah login di akun Google. Setelah itu Saya coba klik login, dan ternyata channel Saya ditangguhkan! 😀

Tidak dapat mengakses produk google
Tidak dapat mengakses produk google

Begitulah alur cerita sebelum channel youtube Saya ditangguhkan. Perasaan panik dan kecewa muncul seketika, semangat pun mulai hilang. Dan yang sangat disayangkan yaitu kedua channel Saya ditangguhkan. Saya sudah menghubungi dan menjelaskan terkait permasalahan ini, tapi sampai sekarang belum ada balasan.

Dari masalah ini, mungkin alasan kenapa channel youtube Saya ditangguhkan yaitu karena Saya mengunggah ulang video yang sebelumnya sudah Saya upload di akun Google yang khusus untuk berjualan walaupun channel yang sebelumnya sudah dihapus. Sampai sekarang pun masih belum tahu pasti apa penyebab utamanya.

Itulah sedikit pengalaman dari Saya. Semoga saja bermanfaat buat teman-teman yang membaca tulisan ini khususnya yang suka bermain YouTube agar bisa lebih berhati-hati. 🙂

Update

Setelah hampir satu bulan mengajukan banding penangguhan akun, Hari ini tepatnya Jumat, 06 Januari 2017 channel youtube saya kembali aktif.

channel kembali aktif

Bagaimana cara mengembalikan Channel Youtube yang ditangguhkan?

Jika teman-teman merasa tidak melakukan pelanggaran pedoman komunitas atau persyaratan layanan. Kemungkinan besar channel youtube bisa aktif kembali dengan cara melakukan pengajuan banding melalui link hubungi kami yang terdapat pada info penangguhan seperti pada contoh gambar di awal tulisan ini atau bisa juga mengikuti panduan di forum bantuan google dengan cara mengunjungi link berikut: Akun YouTube Ditangguhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *