Cara Reset WordPress Tanpa Install Ulang

Pernahkah kamu mengalami kesalahan konfigurasi atau hal lainnya yang membuat kamu ingin sekali melakukan install ulang WordPress agar kembali seperti awal pada saat intall? Tentu hal ini sangat sering dialami oleh sebagian kita yang baru memulai menggunakan platform WordPress. Karena rasa penasaran dan tangan gatal ingin melakukan sesuatu, dan akhirnya demi untuk mengembalikan instalasi seperti pertama kali, kita rela melakukan pemasangan atau intall ulang WordPress kita.

Tapi tunggu dulu dan jangan buru – buru intall ulang wordpress kamu. Di sini masgani.com akan memberikan tips agar kita tidak perlu melakukan intall ulang atau pasang ulang wordpress kita untuk mengembalikan seperti awal pemasangan.

Bagaimana cara reset WordPress tanpa install ulang?

Caranya mudah sekali, kita cukup menggunakan plugin Advanced WordPress Reset untuk mengembalikan instalasi dan konfigurasi WordPress kita seperti awal pada saat pertama kali install.

Reset WP

Install dan aktifkan dahulu plugin tersebut.

Bagaimana cara menggunakannya?

Untuk cara menggunakannya sangat mudah sekali. Berikut adalah langkahnya:

  1. Arahkan cursor mouse kita ke menu Tools atau Perkakas jika menggunakan bahasa indonesia. Selanjutnya klik submenu Advanced WordPress Reset.
    wp reset menu
  2. Pada halaman Advanced WordPress Reset tepatnya pada bagian form/textfield Reset Database; silahkan ketik kata reset pada bagian yang diperintahkan. Bagian ini untuk memverifikasi apakah benar kita  akan melkukan reset wordpress kita dan bukan karena ketidak sengajaan. verifikasi reset database
  3. Jika sudah kilk tombol Reset database. Lalu tunggu hingga proses selesai.

Apakah plugin yang sudah pernah saya install akan hilang?

Jawabannya adalah TIDAK, plugin yang sudah kita install tidak akan dihapus, tetapi hanya di nonaktifkan saja. Tapi jika kita sudah melakukan reset wp, kita perlu melakukan konfigurasi ulang.

Oke, cukup sampai di sini. Semoga bermanfaat buat kalian. 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *