Cara Yang Benar Submit Situs Web di Google Search Console

Google Search Console atau yang biasa dikenal Google Webmaster Tools adalah alat yang memungkinkan untuk mendaftarkan situs web atau blog ke google agar situs web  dapat lebih cepat ter-index oleh mesin telusur Google. Selain itu Anda juga dapat mengontrol dan mengoptimalkan situs web Anda di hasil pencarian google. Untuk memulai menggunakan google search console Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu dan memverifikasi nya. Berikut adalah cara yang benar submit situs web di google seacrh console.

Tambahkan Properti

Pertama Anda harus menambahkan properti ke search console yang dapat Anda akses melalui link berikut Search Console. Jika sudah mengunjungi halaman tersebut, maka Anda akan melihat tampilan awal google search console.

Catatan: Sebelum menambahkan properti di search console, Anda harus tahu protokol apa yang digunakan pada situs web. Karena umumnya situs web mempunyai 2 versi yaitu protokol HTTP dan HTTPS.

Berikut adalah cara menambahkan properti yang benar:

  1. Tambahkan Properti atau Add Property dengan cara klik tombol yang ada di pojok kanan halaman search console.
  2. Masukan URL situs web atau blog Anda, misal: http://www.domainanda.com/ selanjutnya klik tombol Tambah atau Add.
  3. Verifikasi situs web Anda dengan metode verifikasi yang diinginkan. Biasanya google menyarankan mengunggah file html ke direktori utama situs web anda. Silahkan baca keterangan yang ada pada metode verifikasi agar lebih jelas.
  4. Ulangi langkah no. 2 dengan menambahkan properti untuk URL situs web non-www dan sebaliknya jika diawal tadi anda menambkan URL situs non-www berarti Anda harus menambahkan URL situs dengan www.

Jika Situs Web Mendukung Protokol HTTPS

Jika situs web Anda mendukung protokol HTTPS, sebaiknya Anda menambahkan 4 versi URL Situs di properti search console. Berikut adalah contoh tampilan search console untuk domain masgani.com.

Tampilan properti google search console

Informasi lebih lanjut terkait dengan hal ini, silakan dapat Anda baca di halaman support google.

Menetapkan Domain Pilihan

Setelah selesai menambahkan properti dan memverifikasi situ, langkah selanjutnya yaitu menetapkan domain yang diinginkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya atau terjadinya duplikat konten yang mana apabila ini terjadi akan mengakibatkan situs web menjadi buruk di hasil pencarian Google.

Bagaimana cara menetapkan domain pilihan?

Menetapkan domain pilihan dapat dilakukan dengan cara memilih properti yang diinginkan, selanjutnya klik ikon roda gigi yang terletak di pojok kanan atas halaman seacrh console.

Setelan situs

Misal Anda menginginkan domain situs web ditampilkan dengan www, maka Anda harus menetapkan domain pilihan sebagai www. Sebagai contoh, pada situs web Masgani menggunakan domain tanpa www.

Jika pada Blogger, Domain pilihan akan otomatis terpilih pada opsi pilihan www untuk blogger yang sudah menggunakan custom domain. Jika masih menggunakan subdomain dari .blogspot, opsi pilihan ini akan ditiadakan secara otomatis.

Setelan situs - search console

Silahkan pilih sesuai yang diinginkan, jika sudah dipilih maka secara otomatis akan diterapkan ke semua properti yang terkait dengan domain tersebut. Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Bantuan Search Console – Menyetel Domain Pilihan

Catatan: Setelah menentukan domain pilihan, Anda dapat menggunakan pengalihan 301 untuk mengalihkan lalu-lintas dari domain yang tidak menjadi pilihan, sehingga mesin telusur dan pengunjung akan dialihkan sesuai domain pilihan.

Jika menggunakan blogger yang sudah custom domain, Anda harus mencentang bagian berikut:

Blogger Redirect Non-www to www

Menambahkan Sitemap/Petas Situs

Anda juga perlu menambahkan sitemap di properti search console. Karena ini sangat berguna untuk memberi tahu google ketika ada pembaharuan pada situs web Anda. Dengan begitu google akan langsung merayapi pembaharuan yang ada pada situs web Anda.

Cara menambahkan sitemap/peta situs

Pada halaman search console tepatnya di properti pilihan Anda, silahkan klik menu Perayapan >> Peta Situs.

Menambahkan sitemap atau peta situs - Google Search Console
klik tombol Tambahkan/Uji Peta Situs

Selanjutnya masukan URL peta situs

URL Peta Situs - Google Search Console

Sampai di sini, Anda sudah berhasil submit situs web di Google Search Console. Silahkan menunggu sekitar 1 minggu dan maksimal 90 hari untuk melihat perubahannya.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

19 Balasan untuk “Cara Yang Benar Submit Situs Web di Google Search Console”

  1. masgani ,ini khusus untuk domain .com saja apa untuk .blogspot.com ?????
    dan untuk settingan di blogger nya gmna pake http atau https, soalnya hosting saya masih pake punya blogspot cuma domain saja yang udah .com

    1. Halo mas Imam Efendi, terima kasih atas kunjungannya.

      Khusus untuk custom domain blogger cukup tambahkan 2 property saja mas, yaitu http://copyhitam.com dan http://www.copyhitam.com. Dan jangan lupa setting domain pilihannya.
      Untuk masalah setting HTTP atau HTPPS diabaikan saja mas. Karena blogger belum mengsupport protokol HTTPS untuk blogger yang sudah pakai custom domain.

    1. Terima kasih mas Danni,

      Kalau itu tergantung kualitas kontennya mas. hehe
      Google search console hanya membantu kita memantau kinerja situs web kita dan memastikan apakah google sudah benar2 bisa merayapi konten kita.

  2. Mas. Untuk situs web yang mendukung protokol https . Setelah kita menambahkan 4 versi url, apakah peta situs kita submit pada keempat versi url tersebut ataukah hanya submit ke salah satunya saja ?

    1. Untuk cara mengeceknya bisa melalui website berikut: http://www.redirect-checker.org

      Jika menggunakan blogger, cukup centang pada bagian berikut:
      Blogger redirect non-www to www

      Terima kasih sudah berkomentar. 🙂

  3. sebenarnya pengaruh yang signifikan pada blog/webiste kita kalau submit atau tidak submit peta situs ini apa sih mas
    soalnya saya punya dua website dan saya belium kirim peta situsnya di google console tetapi tetap ke index dan bisa tampil di halaman pertama “karpet tile” yang ini salah satunya.
    mohon penjelasannya ya mas TERIMAKASIH

    1. Halo Karpet Tile

      Untuk pengaruhnya yaitu jika kita submit website ke Google Search Console maka website kita akan lebih cepat ter index oleh google, karena setiap kali ada perubahan/posting baru pada website kita secara otomatis bot google akan mengetahui melalui sitemap. Sebaliknya jika tidak sumbit sitemap bukan berarti website kita tidak bisa diindex oleh google, website tetap bisa terindex namun membutuhkan waktu lama google untuk mengetauhi perubahan yang ada pada website kita. 🙂

  4. selamat malam masgani. saya mau tanya.
    untuk semua properti, baik itu yang non-www atau www tetap harus menambahkan sitemap pada semua properti atau salah satunya saja?

  5. Salam kenal mas Gani
    mas kalo blogspot yg bukan custom domain gimana?

    apakah harus 4 protocol juga? misal:
    http://www.namablog.blogspot.com
    http://namablog.blogspot.com
    https://www.namablog.blogspot.com
    https://namablog.blogspot.com

    kadang di analitics juga muncul namablog.blogspot.co.id

    gimana nih mas? makasih

    1. Halo Ian,

      Anda cukup menambahkan http://namablog.blogspot.com. Namun jika blog Anda support protokol https, Anda juga harus menambahkan versi https nya, yaitu https://namablog.blogspot.com.

    1. Halo mas Koko,

      Terkait dengan pilihan tersebut, tergantung selera Anda. Karena pada dasarnya penggunaan www atau non-www tersebut sama saja. Jika Anda suka dengan yang simple, maka dapat memilih non-www 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.