Koneksi Server Mati Setelah Restart Server di Plesk

Apakah anda mengalami Koneksi Server Mati Setelah Restart Server di Plesk panel? Jika iya, mungkin tulisan ini bisa membantu anda memecahkan masalah tersebut.

Masalah ini biasanya terjadi pada server yang menggunakan dua web service yaitu Apache dan NGINX secara bersamaan, dimana NGINX tersebut digunakan sebagai Reverse Proxy Server.

Jika anda melakukan restart server secara otomatis melalui Tools & Settings > Restart Server yang terdapat pada Plesk Panel. Maka secara otomatis server akan menjalankan perintah restart. Tapi servis Reverse Proxy Server (nginx) tidak secara otomatis menjalankan servis nya kembali setelah server di restart.

Lalu bagaimana agar server bisa normal kembali?

Langkah yang harus kita lakukan setelah restart server secara otomatis yaitu kita harus menjalankan kembali servis Reverse Proxy Server (nginx) secara manual. Servis tersebut bisa kalian temukan pada menu Tools & Settings > Services Management.

Services Management

Selanjutnya klik icon play berwarna hijau yang ada pada servis Reverse Proxy Server(nginx) seperti pada contoh gambar di bawah ini:

Reverse Proxy Server(nginx)

Tunggu beberapa saat sampai icon berubah menjadi warna abu-abu yang artinya setatus servis sudah aktif.

Jika serfis tersebut sudah aktif kembali, maka website anda sudah bisa diakses kembali seperti biasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *