Manfaatkan GenerateWP untuk develop WordPress

Alhamdulillah bisa update lagi setelah beberapa hari tidak update tulisan dikarenakan sedang banyak urusan di dunia nyata. Pada tulisan saya kali ini yaitu Manfaatkan GenerateWP untuk develop WordPress, saya akan memberikan informasi untuk Anda yang suka develop wordpress atau yang sering utak atik wordpress,  mungkin saja ada yang belum tahu tentang tool ini.

GenerateWP adalah tool atau alat yang berguna untuk WordPress Developers atau untuk pengembangan WordPress. Alat ini sangat mudah kita gunakan dan kita bisa dengan cepat dalam pengembangan wordpress. Dengan bantuan alat ini, kita bisa lebih mudah dalam mengkustom wordpress kita khususnya dalam pengembangan template atau plugin. Tool ini menghasilkan coding setandar dan terbaru dari wordpress, jadi kita bisa mendapatkan kode-kode atau fungsi baru yang saat ini digunakan sesuai dengan versi wordpress yang seiring waktu terus berkembang.

Untuk menggunakan tool ini, kita tidak dikenakan biaya. Kita hanya perlu mendaftar dan login untuk bisa menggunakan tool ini. Tool ini bisa kita gunakan secara gratis, namun ada juga versi yang berbayar. Untuk versi yang berbayar tentu saja mempunya banyak keunggulan di fitur-fitur yang dapat kita gunakan.

Kalau Anda ingin mencobanya, Anda bisa langsung kunjungi GenerateWPSilahkan daftar terlebih dahulu dan login ke dashboard untuk bisa menggunakan tool ini.

Bagaimana cara menggunakanya?

Jika kita sudah mendaftar atau sudah memiliki akun, kita harus terlebih daulu login ke halaman dashboard. Selanjutnya klik menu Generator seperti pada bagian yang saya tandai merah.

generatewp

Jika sudah maka kita akan dibawah ke halaman yang isinya terdapat banyak sekali Generator yang bisa kita gunakan mulai dari yang gratis sampai yang berbayar alias Premium.

Generator list

Untuk cara penggunaanya saya rasa tidak perlu dijelaskan secara mendetail, karena kita hanya tinggal masukan kolom inputan dan memasukan misal nama class, nama fungsi, tag html atau lainya dan klik generate untuk menghasilkan kodenya.

Saya beri contoh, misal saya akan membuat menu untuk menu navigasi template saya. Silahkan lihat contoh di bawah ini.

Membuat menu navigasi template WordPress

Pertama kita Klik kategori Design yang ada pada daftar Generator, selanjutnya Klik Menu Generator. Setelah itu kita akan diarahkan ke halaman untuk memulai menggunakan tool generatornya.

menu generator

Selanjutnya klik tab General

menu generator - general

Pada bagian ini kita diarahkan untuk menentukan Function Name, Child Theme, dan Text Domain

  • Function Name di isi dengan nama fungsi yang akan kita gunakan.
  • Child Theme dipilih sesuai keinginan kalian, jika tema yang kalian buat ingin bisa digunakan untuk membuat Child Theme. Maka pilih opsi Yes jika tidak maka pilih No.
  • Text Domain di isi dengan text domain template kalian, misal disini saya isi masgani.

 

Lihat contoh gambar di bawah ini.
General

Selanjutnya Klik tab menu 1

  • Menu 1 Name adalah nama menu kita.
  • Menu 1 Dexcription adalah deskripsi menu nya, silahkan diisi sesuka kalain

Contoh

Menu 1

Jika Anda ingin membuat lebih dari satu menu, silahkan lanjut ke tab menu 2 dan seterusnya. Pada contoh ini saya hanya membuat satu menu.

Langkah terakhir Klik tombol Update, dan selanjutnya silahkan salin kodenya.

Selesai.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *