Mendeteksi link yang rusak menggunakan plugin Broken Link Checker

Mendeteksi link yang rusak menggunakan plugin Broken Link Checker adalah cara yang sangat mudah untuk mengontrol atau memonitor link-link yang rusak pada web atau blog kita yang menggunakan CMS WordPress, seperti contohnya link gambar, file, atau link-link lainya yang mengarah ke suatu halaman.

Jika terjadi kerusakan pada link pada suatu halaman atau postingan kita, tentu ini akan sangat bermasalah apabila ada pengunjung yang melihat blog atau web kita dan mengakses suatu link yang ternyata link tersebut sudah tidak bisa lagi atau rusak, atau file gambar yang tidak tampil dikarenakn link yang sudah rusak dan lain-lain, tentu ini akan sangat mengganggu kenyamanan bagi pengunjung blog atau web kita. Dengan bantuan plugin Broken Link Checker inilah kita bisa mengatasi masalah tersebut, dan jika ada suatu kerusakan pada link, maka plugin tersebut akan memberikan notifikasi kepada kita tentang link-link yang sudah rusak.

Untuk cara penggunaanya cukup mudah, anda bisa mengatur, mengedit atau mengganti link yang rusak dengan link yang baru. Berikut adalah contoh tampilan halaman plugin Broken Link Checker.

preview_detected_links

Pada halaman plugin tersebut ada beberapa menu, yaitu

  • All

Halaman ini menampilkan semua link yang ada pada blog atau web kita.

  • Broken

Jika ada link yang rusak, maka semuanya akan ditampilkan pada halaman ini, dan kita bisa mengedit atau memperbarui link yang rusak tersebut.

  • Warnings

Halaman ini menampilkan isu link-link yang mungkin atau nantinya akan rusak atau mengalami error, sebelum terjadi kerusakan pada link, plugin tersebut sudah memperingatkan kepada kita.

  • Redirects

Jika ada link yang dialihkan atau diredirect ke link yang baru, maka semuanya akan ditampilkan dihalaman ini.

  • Dismissed

Pada halaman ini, semua link-link yang sudah tidak dipakai atau sudah dihentikan akan ditampilkan disini, kita juga bisa menghapus link tersebut apabila menurut kalian sudah tidak digunakan lagi.

Itulah sedikit penjelsan mengenai fungsi dan kegunaan plugin tersebut. Dengan bantuan plugin ini tentu kita akan dimudahkan untuk mengontrol link yang bermasalah dan kita tidak pusing-pusing memakan banyak waktu untuk mencri link-link yang bermasalah.

Jika kalian berminat untuk mencobanya, kalian bisa langsung mendowanloadnya disini atau bisa langsung saja lewat halaman admin kalian melalui Search form pada halaman Plugin dan ketikan perintah Broken Link Checker.

Cukup sekian info dari saya, semoga bisa membantu. Selamat mencoba 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.